RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 2 Cibingbin
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VII/I
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
A. Standar Kompetensi
4. Membiasakan Perilaku Terpuji
B. Kompetensi Dasar
4.2. Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu, taat, qanaah dan sabar
C. Tujuan Pembelajaran / Indikator Pencapaian
Setelah proses pembelajaran siswa dapat :
1. membedakan contoh perilaku tawadhu
2. menunjukan contoh perilaku taat
3. mempraktekan contoh perilaku qanaah
4. terbiasa berperilaku sabar
E. Karakter yang diharapkan
1. Religius
2. Rendah hati
3. Disiplin
4. Sederhana
5. Penyabar
F. Materi Pembelajaran
Contoh-contoh perilaku tawadhu, taat, qanaah dan sabar
G. Model/ metode Pembelajaran
1. Model : Cooperative Learning
2. Metode : Penugasan, Diskusi dan Tanya jawab
H. Skenario / Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengelolaan
Kelas
|
Waktu
(menit)
|
I. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
- Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar
- Guru melakukan Fres test
b. Motivasi
- Guru memotivasi siswa tentang indahnya orang yang berperilaku tawadhu, taat, qanaah dan sabar
- Guru menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
II. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan siswa
- Siwa
berdiskusi dalam kelompok untuk mengetahui lebih jauh tentang contoh
perilaku yang mencerminkan tawadhu, taat, qanaah dan sabar
- Siswa dalam diskusi terus mencari tahu tetang contoh perilaku tawadhu, taat, qanaah dan sabar
b. Elaborasi
- Siswa melakukan tanya jawab dengan temannya dalam satu kelompok hal contoh perilaku qanaah, taat, qanaah dan sabar
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok untuk kemudian di kritisi oleh kelompok lain satu kelas
c. Konfirmasi
- Guru dan siswa secara bersama-sama menelaah lebih lanjut jawaban-jawaban dari tiap kelompok
- Guru bertanya kepada para siswa apakah mengalami kesulitan membedakan contoh perilaku tawadhu, taat, qanaah dan sabar
III. Kegiatan Penutup
a. Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
b. Guru memberikan sejumlah pertanyaan sebagai post test
c. Guru melakukan penilaian, kemudian melakukan refleksi atas kegiatan yang baru dilakukan.
d. Guru memberikan tugas untuk mempersiapkan kompetensi dasar berikutnya.
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Kelompok
Kelompok
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
5
5
25
20
10
15
|
H. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Ayo Belajar AGAMA ISLAM kelas VII, M. Nasikin dkk, Jakarta. Erlangga. 2007
2. Buku Pendidikan Agama Islam kelas VII, Asep Herdi dkk. Bandung. Regina. 2005
3. LKS Merpati, Jakarta. Graha Pustaka. Tahun 2007
I. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1. siswa dapat membedakan contoh perilaku tawadhu
2. siswa dapat menunjukan contoh perilaku taat
3. siswa dapat menampilkan contoh perilaku qanaah
4. siswa dapat terbiasa menampilkan berperilaku sabar
|
Test Tulis
Test
Tulis
Test Tulis
Tes Tulis
|
Jawaban singkat
Jawaban singkat
Jawaban singkat
Uraian
|
Berilah contoh prilaku yang mencerminkan sifat tawadhu !
Berilah contoh perilaku yang mencerminkan sifat taat di lingkungan sekolah!
Tunjukan perilaku yang mencerminkan sifat qanaah !
Sebutkan perbuatan apa saja yang dilakukan jika anda terkena musibah !
|
Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir
|
2,5
2,5
2,5
2,5
|
Jumlah skor
|
10
|
Pedoman Penilaian :
Soal no 1 = 2,5
Soal no 2 = 2,5
Soal no 3 = 2,5
Soal no 4 = 2,5
Seluruh skor dijumlahkan
Bandung, Desember 2011
Mengetahui: Guru Mapel PAI
Kepala SMP N 2 Cibingbin
Drs. H. Jamhadi Hernadi, MM Sobarudin, S.Ag.
NIP. 19591007 197803 1 006 NIP. 19730802 200801 1 005
Saran :
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
DEMI KESUKSESAN,,,,,!!!!